Soal & Pembahasan Bahasa Inggris Kelas 8: Bab 2

Soal & Pembahasan Bahasa Inggris Kelas 8: Bab 2

Soal & Pembahasan Bahasa Inggris Kelas 8: Bab 2

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Bab 2 biasanya fokus pada topik-topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti kemampuan untuk memberikan instruksi, meminta dan memberikan izin, serta menawarkan bantuan. Artikel ini akan menyajikan contoh-contoh soal beserta pembahasan yang mendalam, sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep kunci dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal ujian.

I. Memberikan Instruksi (Giving Instructions)



<p><strong>Soal & Pembahasan Bahasa Inggris Kelas 8: Bab 2</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Soal & Pembahasan Bahasa Inggris Kelas 8: Bab 2</strong></p>
<p>“></p>
<p>Memberikan instruksi adalah kemampuan penting dalam berkomunikasi. Instruksi harus jelas, ringkas, dan mudah diikuti. Berikut adalah contoh soal dan pembahasan:</p>
<p><strong>Contoh Soal 1:</strong></p>
<p>Complete the following instruction to make a cup of tea:</p>
<p>First, <strong><strong><strong><strong><em> some water. Then, put a tea bag in a cup. After that, </em></strong></strong></strong></strong> the hot water into the cup. Next, <strong><strong><strong><strong><em> for 2-3 minutes. Finally, </em></strong></strong></strong></strong> the tea bag and add sugar if you like.</p>
<p>a. boil, pour, steep, remove<br />
b. pour, boil, remove, steep<br />
c. steep, remove, boil, pour<br />
d. remove, steep, pour, boil</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Jawaban yang tepat adalah <strong>a. boil, pour, steep, remove</strong>. Urutan yang logis dalam membuat teh adalah:</p>
<ol>
<li>Boil some water (didihkan air)</li>
<li>Pour the hot water into the cup (tuangkan air panas ke dalam cangkir)</li>
<li>Steep for 2-3 minutes (diamkan selama 2-3 menit)</li>
<li>Remove the tea bag (angkat kantung teh)</li>
</ol>
<p><strong>Contoh Soal 2:</strong></p>
<p>Arrange the following sentences to make a good instruction on how to use a washing machine:</p>
<ol>
<li>Press the start button.</li>
<li>Put the clothes into the washing machine.</li>
<li>Add detergent into the dispenser.</li>
<li>Select the appropriate washing program.</li>
<li>Close the washing machine door.</li>
</ol>
<p>The correct arrangement is…</p>
<p>a. 2-3-5-4-1<br />
b. 2-5-3-4-1<br />
c. 3-2-5-4-1<br />
d. 3-5-2-4-1</p>
<p><strong>Pembahasan:</strong></p>
<p>Jawaban yang tepat adalah <strong>b. 2-5-3-4-1</strong>. Urutan yang logis dalam menggunakan mesin cuci adalah:</p>
<ol>
<li>Put the clothes into the washing machine (masukkan pakaian ke dalam mesin cuci)</li>
<li>Close the washing machine door (tutup pintu mesin cuci)</li>
<li>Add detergent into the dispenser (masukkan deterjen ke dalam tempatnya)</li>
<li>Select the appropriate washing program (pilih program pencucian yang sesuai)</li>
<li>Press the start button (tekan tombol mulai)</li>
</ol>
<div style=

Contoh Soal 3:

What is the purpose of giving instructions?

a. To entertain the readers
b. To describe something
c. To tell the readers how to do something
d. To persuade the readers

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah c. To tell the readers how to do something. Tujuan dari memberikan instruksi adalah untuk memberitahu pembaca bagaimana cara melakukan sesuatu.

II. Meminta dan Memberikan Izin (Asking and Giving Permission)

Meminta izin adalah tindakan sopan yang menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. Memberikan izin juga harus dilakukan dengan bijak dan mempertimbangkan berbagai faktor.

Contoh Soal 1:

You want to borrow your friend’s pen. What would you say?

a. Give me your pen!
b. I need your pen.
c. Can I borrow your pen, please?
d. I will take your pen.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah c. Can I borrow your pen, please? Ini adalah cara yang sopan untuk meminta izin.

Contoh Soal 2:

Your friend asks, "May I use your laptop?" How would you give permission?

a. No, you may not.
b. Yes, you can. But be careful.
c. I don’t know.
d. Maybe later.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah b. Yes, you can. But be careful. Ini adalah cara yang sopan untuk memberikan izin dengan memberikan peringatan.

Contoh Soal 3:

Complete the dialogue:

A: _____ I go to the restroom?
B: Yes, you may.

a. Can
b. Could
c. May
d. Will

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah c. May. "May" adalah kata yang paling formal dan sopan untuk meminta izin.

Contoh Soal 4:

Which of the following is NOT a way to ask for permission?

a. Can I…?
b. May I…?
c. Could I…?
d. I want to…

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah d. I want to…. "I want to…" bukan cara yang sopan untuk meminta izin, tetapi lebih merupakan pernyataan keinginan.

See also  Contoh Soal ASJ Kelas 11 Semester 2 (2018) dan Pembahasan

III. Menawarkan Bantuan (Offering Help)

Menawarkan bantuan adalah tindakan terpuji yang menunjukkan kepedulian terhadap orang lain. Penawaran bantuan harus tulus dan disesuaikan dengan kebutuhan orang yang membutuhkan.

Contoh Soal 1:

Your friend is carrying a lot of books. What would you say?

a. Let me help you with those books.
b. Those are a lot of books!
c. You should carry less books.
d. I don’t want to help you.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah a. Let me help you with those books. Ini adalah cara yang sopan dan langsung untuk menawarkan bantuan.

Contoh Soal 2:

Complete the dialogue:

A: I can’t reach the top shelf.
B: _____?

a. Can I
b. Do I
c. Shall I help you
d. Will I

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah c. Shall I help you. "Shall I help you" adalah cara yang sopan untuk menawarkan bantuan.

Contoh Soal 3:

Which of the following is NOT a way to offer help?

a. Can I help you?
b. Let me help you.
c. Do you need help?
d. I don’t care.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah d. I don’t care. Ini adalah pernyataan yang tidak sopan dan tidak menunjukkan kepedulian.

Contoh Soal 4:

Your classmate looks confused with the assignment. What would you say?

a. That’s your problem.
b. Can I explain it to you?
c. Are you always confused?
d. Just do it yourself.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah b. Can I explain it to you? Ini adalah cara yang sopan untuk menawarkan bantuan dalam memahami tugas.

IV. Soal Campuran (Mixed Exercises)

Bagian ini berisi soal-soal yang menggabungkan berbagai konsep dari bab 2.

Contoh Soal 1:

Situation: You are in the library and want to borrow a book.

What would you say to the librarian?

a. I want to borrow this book.
b. Give me that book.
c. Can I borrow this book, please?
d. This book is mine.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah c. Can I borrow this book, please? Ini adalah cara yang sopan untuk meminta izin meminjam buku.

Contoh Soal 2:

Situation: You see an old woman struggling to carry her groceries.

See also  Soal Bahasa Inggris Kelas 1 SD: Mengenal Buah-buahan

What would you say?

a. That’s heavy!
b. Let me help you with your groceries.
c. You should carry less.
d. I’m busy.

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah b. Let me help you with your groceries. Ini adalah cara yang sopan untuk menawarkan bantuan.

Contoh Soal 3:

Arrange the following sentences to make a good instruction on how to make instant noodles:

  1. Add the noodles and cook for 2-3 minutes.
  2. Pour the hot water into the bowl.
  3. Boil some water.
  4. Add the seasoning.
  5. Serve the noodles.

The correct arrangement is…

a. 3-2-1-4-5
b. 3-1-2-4-5
c. 2-3-1-4-5
d. 1-2-3-4-5

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah a. 3-2-1-4-5. Urutan yang logis dalam membuat mie instan adalah:

  1. Boil some water (didihkan air)
  2. Pour the hot water into the bowl (tuangkan air panas ke dalam mangkuk)
  3. Add the noodles and cook for 2-3 minutes (masukkan mie dan masak selama 2-3 menit)
  4. Add the seasoning (masukkan bumbu)
  5. Serve the noodles (sajikan mie)

V. Tips dan Strategi Menjawab Soal

  • Pahami Konsep Dasar: Pastikan Anda memahami konsep dasar tentang memberikan instruksi, meminta dan memberikan izin, serta menawarkan bantuan.
  • Perhatikan Konteks: Perhatikan konteks soal dengan seksama. Siapa yang berbicara? Di mana mereka berada? Apa yang mereka lakukan?
  • Pilih Jawaban yang Paling Tepat: Baca semua pilihan jawaban dengan hati-hati dan pilih jawaban yang paling tepat dan sesuai dengan konteks soal.
  • Gunakan Bahasa yang Sopan: Dalam meminta izin dan menawarkan bantuan, gunakan bahasa yang sopan dan santun.
  • Latihan Soal: Semakin banyak Anda berlatih soal, semakin terbiasa Anda dengan berbagai jenis soal dan semakin cepat Anda dapat menemukan jawaban yang tepat.

Kesimpulan

Bab 2 dalam kurikulum Bahasa Inggris kelas 8 K13 memberikan fondasi penting dalam kemampuan berkomunikasi sehari-hari. Dengan memahami konsep-konsep kunci dan berlatih soal-soal yang relevan, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memberikan instruksi, meminta dan memberikan izin, serta menawarkan bantuan. Artikel ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *